Thursday, May 8, 2014

STUDY TOUR MANAJEMEN PEMBIBITAN RUMINANSIA DAN NONRUMINANSIA at LEMBANG, BANDUNG JAWA BARAT.

Standard

Halo sob,,, selamat datang di blog aku,, ini adalah postingan terbaru aku setelah beberapa abad vakum karena sibuk dengan urusan di kampus..hhaha.. pertama-tama saya mengucapkan syukur kepapada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniahnya kepada saya sehingga bisa melampiaskan birahi saya dalam menulis. Kedua-dua saya mengucapkan terima kasih kepada kalian karena sudah meluangkan waktunya untuk baca postingan saya ini. Ketiga-tiga,,,,,dalam postingan ini saya ingin bercerita mengenai pengalaman waktu study tour mata kuliah Manajemen Pembibitan di Lembang, Jawa Barat. Prakteknya sih udah lebih dari sebulan yang lalu (28-31 Maret 14). 
(kali ini gaya bahasanya beda dengan postngan-postingan yang sebelumnya,,,,, biar ada variasi dikit lahhh)

Perjalanan dimulai hari kamis,, pukul 10 Pagi gue dan temen-temen berangkat ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sengaja dateng lebih awal biar ga telat. Padahal kan penerbangannya pukul 14.30...oh yaa... dalam perjalanan ini dibagi jadi 3 kloter (cieileeh koter,,udah kaya jemaah haji saja peke kloter segala)  yaitu kebrangkatan siang, sore dan malam. Untuk kloter pertama ada 8 makhluk termasuk gue. Selebihnya itu ditampung dikloter sore dan malam.
Sekitar pukul 11 rombongan gue tiba di Bandara. 
            “semuanya udah ada? “. Teriak salah seorang dari rombongan kami
            “ sudahhh” jawab anak-anak yang lain.
Sebenarnya sihh saya mau teriak “BELUM LENGKAP...buktinya nih masih kosong belum ada yang nempatin *nunjuk dada* “ tapi karena malas dibahas jadinya gue urungkan niat buat teriak..

Oke kami masuk bandara, *lewat pintu-----*lewat metal detector. Oyaaa.. pada saat melewati metal detector ini tiba-tiba koper kami diambil oleh sekelompok makhluk entah berantah yang asalnya juga ga tau dari mana. Koper kami diambil dan langsung dililit tali (katanya sihh biar aman). Tapi gue bersyukur karena koper gue hanya dililit pake tali dan harganya cuman 15 rb, yang lebih sial itu ada teman gue namanya Fira dan Umma karena koper dia dilakban dan harganya 40rb. hahaha,,udah kaya ada  emas batangan aje didalamnya pake dilakban segala. Mungkin karena muka dua makhluk itu teramat polos kali ya..hhaha.. abis itu kami check in dan langsung menuju ruang tunggu... setelah menunggu kaya orang bego’ akhirnya kami di dipersilahkan buat naik pesawat. Diatas pesawat saya duduk berdekatan dengan seekor makhluk hidup kecil, lincah, jail dan bernafas pula. Namanya Suci.


*Terbang

Jakarta..... pesawat mendarat di Bandara Soetta sekitar pukul 16 wib. Dan disini kami harus nungguin rombongan lain yang masih ada di Makassar,, alamaaakkk... sampe basi nungu di Bandara. Sekitar enam jam menunggu akhirnya rombongan yang terakhir dateng,,, untung saja Cuma enam jam kalo sampe 20 jam bisa-bisa tuh Toko  Roti ‘O dari atasannya sampe pencuci piringnya naik haji semuanya,, gimana tidak anak-anak yang lain ga ada habisnya beli tuu roti..

Sebelum naik bus cewek-ceweknya udah pada rempong,, semuanya mau duduk paling ujung dekat jendela...hhahaha...

Rombongan berangkat dari Soetta menuju Lembang, Jawa Barat sekitar pukul 10. Perkiraannya sih jam 2 dinihari udah nyampe Lembang. Tapi Tuhan berkehendak lain saudara-saudara,,, dijalan ternyata macet,, macetnya pake banget.. perjalanan yang betul-betul melelahkan yang hampir saja membuat pantat gue manghilang. dan sebelum lobang pantat gue tertutup permanen akhirnya rombongan sampai juga di Lembang sekitar pukul 7 pagi.
            Sesampai di tempat penginapan anak-anak sibuk angkat barangnya dari mobil, ada juga yang duduk gajelas ada juga yang fotofoto dan masih banyak lagi fenomena aneh yang terjadi. Setelah sibuk dengan urusan masing-masing, barulah kami sadar kalau ternyata hanya ada 2 toilet yang disediakan dipenginapan ini. Bayangin aja coba ada 23 pasang pantat yang ngantri masuk toilet. Setelah menembus antrian yang panjang dan melelahkan sampai sampai emas batangan yang tadinya udah di ujung tanduk jadinya masuk kembali.
            *masuk toilet, Buka baju ehhh,,jangan bayangin kalo gue lagi bugil yaaa... tapi kalo udah terlanjur gapapa kok seru lagii....
            Abis mandi kami makan sebelum melakukan kunjungan di Peternakan yang ada di Lembang. Tapi kami nungguin dulu mobil yang mau mengantar. Dan,,, mobil yang dateng itu mobil angkot pemirsa. Mungkin pihak travelnya tau kali yaa kalo cewek-ceweknya itu pada rempong kalo naik mobil maunya harus duduk dekat jendela, kan kalo naik angkot semuanya tuh duduk dekat jendela,, hhhaha,, mampus...
            Kunjungan pertama kami yaitu mengunjungi Dinas Peternakan yang ada di Cikole. Disini kami disambut hangat oleh para pegawainya. Kami masuk ke aula dan mendengar penjelasan dari pegawai yang ada dikantor ini. Yang mendengarkan sihh hanya sebagian orang, cuman dari kalangan bureng saja, selebihnya itu ada yang sibuk dengan Hp nya, ada sibuk dengan kameranya, ada juga yang tidur dan gue yang juga ngantuk berat mencoba mengusir rasa ngantuk dengan memperhatikan teman-teman yang lain, gue ketawain yang lagi ngantuk karena model mukanya tuh aneh banget kan,, gue juga foto anak-anak yang tidur pokoknya banyak banget kejailan yang gue lakukan disini. Setelah itu kami digiring menuju kandang sapi yang ada dibelakang kantor, dan sapinya itu besar semua, ada banyak bangsa sapi yang ada disini, termasuk jenis sapi perah . semuanya sapi impor dari Australia.
Kunjungan berikutnya yaitu ke Balai Inseminasi Buatan (BIB Lembang). Disini kasusnya hampir miriplah dengan yang di Cikole tadi. Tapi ada satu makhluk namanya Fira (limbung) yang kecantol dengan pemateri di BIB ini. Katanyasih namanya aa kris...hhahaha.. setelah menerima materi kami digiring lagi menuju kandang sapi tapi disini kami tidak boleh sampai masuk ke kandangnya.. hanya boleh melihat 20 meter dari kandang. Untung saja ga boleh masuk kandang,, karena kalo sampe masuk kandang, bisa-bisa si Limbung yang kecentilan itu didapat sama sapi soalnya dia lagi birahi..hhhahah
Setelah dari BIB kami menuju Bandung buat Shopping. Disini anak-anak udah pada gila, hampir semua barang dibeli.. mulai dari gantungan kunci yanh harganya 1.500 sampe jaket yang harganya 700 rbu,, memang kalo soal belanja semangat semuanya,, giliran terima materi semuanya pada lobet. Setelah pulang belanja, Sesampai ditempat penginapan anak-anak pada heboh ngejek si Darus yang beli jaket seharga 700 ribu, dan nampaknya ada rasa menyesal dari Darus yg udah beli jaket semahal itu. Hhahaha.. Kaya’nya malam itu Darus ga bisa tidur kalo ingat duit 700 ribu melayang dalam sekejap.
Destinasi di hari selanjutnya yaitu menunjungi Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Kec. Subang, Bandung Barat Jawa Barat. Kami barangkat dari pukul 9 pagi,perjalanan sekitra 30 menit dari penginapan menuju tangkuban perahu sepanjang perjalanan mata dimanjakan dengan pemandangan yang keren dan udara yang sejuk. Oya.. kali ini udah ga naik angkot lagi ya.... Di tangkuban perahu ini lagi-lagi anak-anak heboh belanja.. khususnya cewek-cewek. Semua anak cewek menyerbu satu kios yang kira-kira ukurannya hanya 2 X 1,5 meter. Kios ini sangat sempit ditambah lagi ada meja buat nyimpan jualan jadi lorong buat masuknya itu hanya boleh lewat satu orang dan semua anak-anak cewek masuk disini,,kebayangkan gimana sesaknya didalam. Semuanya pada heboh beli sendal dan tas. Penjualnya udah kualahan melayani anak-anak.
“MAASSS...MANA PASANGANNYA SATU INI...MAAAASSSSS...BELIKA SENDALTA...MASSSSS....ADA UKURAN KECILNYA INI...” teriak anak-anak. yahh kurang lebihlah teriakannya seperti itu karna kalo mau ditulis bisa-bisa tujuh episode baru habis.
“Aduhhh,, sabar atuh neng..akang teh kualahan ini” jawab akangnya...
           
Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Pasar Baru Bandung, tanduk anak-anak udah naik lagi,, kalo masalah belanja emang jagonya...anak-anak pada berpencar mencari urusan mereka masing-masing. Ada yang ketempat pakaian, ada yang ke tempat makanan dan masih banyak lagi. Semuanya diborong dari pakaian sampai makanan, kali ini yang diserbu yaitu penjual makanan oleh-oleh khas Bandung dan lagi-lagi penjualnya disini kualahan. Sesaat sebelum pulang kepenginapan tiba-tiba saya didatangi oleh penjual jaket.. jaket yang sangat mirip dengan jaket yang dibeli Darus di Cibaduyut kemarin.
            “kang beli jaket kang .. ini jaket asli dari kulit domba” kata penjual jaket sambil membakar jaketnya buat membuktikan pada gue kalo jaketnya tuh asli,, dan ternyata memang beneran asli.
            “harganya berapa kang” tanyaku
            “400 aja kang” jawab penjual
“mahal banget kang kirain 150” kataku lagi. gue langsung pegi dari tempat itu dan akang penjual itu buntutuin aku terus.. dia memaksa aku buat beli tuh jaket...
            “adung kang..kumaha atuh kang.. iya deh 150 aja..ini udah banting harga kang..” kata sipenjual.
            “maaf kang ga usah deh” jawabku dan prgi meninggalkannya penjual itu karena takut juga kan dia buntutin terus... dan sampai sekarang saat menulis postingan ini gue masih marasa menyesal karena ga beli tuh jaket.
            Sesampai di penginapan lagi-lagi arisan Darus naik. Anak-anak mengejek Darus soal jaket yang 700 ribu kemarin sementara saya hanya ditawarin 150 ribu dengan model dan merk yang sama.. lagi dan lagi Darus ga bisa tidur malam ini.
            Esok harinya sekitar pukul 2.30 dini hari semua udah pada bangun mandi, dan siap-siap buat berangkat ke Jakarta, dan kami berangkat pukul 4 subuh. Sengaja berangkat subuh biar ga dapet macet dijalan. Dan alhamdulillah kali ini betul-betul ga kena macet, kami sampai di Jakarta pukul 7 pagi. Destinasi pertama di Jakarta yaitu ke Monas. Setelah itu kami menuju Mall Thamrin City dan disini kasusnya Shopping again and again. Saking sibuknya belanja seekor makhluk yang paling besar di rombongan kami dia induk dari semua anak-anak namanya Indri, dia hilang di Thamrin City. Sesaat sebelum menuju bus barulah kami sadar kalau ada teman yang hilang, di telpon nomenya ga aktif akhirnya kami melapor dibagian informasi Mall Thamrin City. Dan staf dibagian administrasipun mengumumkan kalo ada orang hilang dan sedang ditunggu diruang informasi..hhahahaha...
            Pukul 13.00 kami berangkat menuju Bandara Soetta, sesampai dibandara kami langsung masuk. Pada saat melewati Metal detector seorang makhluk masuk lewat jalur troli, dia sampai membungkuk waktu melewati jalur itu dan diapun ditegur sama petugas bandara, makhluk itu bernama Tuti. Setelah check in, kami menuju ruang tunggu dan sekitar pukul 15.30. sesampai diata pesawat lagi dan lagi Tuti dan Darus heboh rebutan kursi,, mereka mau duduk dekat jendela... sampai-sampai pramugari datang buat tenangin mereka.
Good bye Jakarta
Wellcome MakassarJ

1 komentar: