Saturday, November 16, 2013

PENANGANAN DAN PEMASARAN AIR SUSU

Standard



Air susu sapi mengandung semua zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak sapi. bbeh,, apalagi air susu ibu, uda dehh minuman terenak tuhhh di dunia. kalau susu tante? gatau deh. Susu juga sebagai bahan minuman manusia yang sempurna, karena mengandung zat gizi dengan perbandingan yang optimal dan mudah dicerna.
Air susu adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Disamping itu air susu juga sangat baik sebagai media pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu untuk mempertahankan kualitas air susu perlu pencegahan terhadap kerusakan dan juga bergabai bentuk produk olahan untuk dipasarkan.  
A. PENANGAN/KESEHATAN AIR SUSU
Air susu adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Disamping itu air susu juga sangat baik sebagai media pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu untuk mempertahankan kualitas air susu perlu pencegahan terhadap kerusakan. 
Air susu sapi perah yang baik harus memenuhi criteria sebagai berikut:
1.      Bebas dari bakteri patogen.
2.      Bebas dari zat-zat yang berbahaya ataupun toxin seperti insektisida.
3.      Tidak tercemar oleh debu, foeces dan kotoran lainnya.
4.      Memiliki rasa yang normal; khas rasa susu, manis dan segar. 
B. Bentuk Pemasaran Air Susu
Berbagai jenis/bentuk air susu untuk dipasarkan sebagai berikut: 
1.     Susu segar
Susu segar adalah air susu dari hasil pemerahan yang tidak dikurangi atau ditambah apapun. Air susu yang sudah direbus, dicampur gula, dicampur dengan susu hasil pemerahan sebelumnya sudah tidak bias lagi dikategorikan sebagai susu segar. Begitu pula susu sapi yang berasal dari sapi yang tidak sehat seperti sapi yang terserang penyakit mastitis. 


2.     Whole milk
Whole milk sebenarnya adalah susu segar yang memiliki kandungan lemak + 3,25 %, bahan kering tanpa lemak (solid non fat) 8,25 %. Whole milk ini kemudian dipasturisasi dengan maksud untuk membasmi bakteri yang dapat mendatangkan penyakit. 
3.     Susu skim
Susu skim adalah susu segar yang sudah dikurangi lemaknya menjadi 0,1 %.
Sehingga susu skim ini cocok untuk bayi. 
4.     Fortified milk
Fortified milk adalah susu segar yang ditambah dengan vitamin-vitamin dan mineral. Vitamin yang ditambahkan biasanya vitamin D, vitamin ini sangat penting untuk pembentukan tulang pada bayi. Sedangkan air susu sudah kaya akan unsur Ca dan P maka tidak perlu lagi ditambahkan unsur tersebut.  
5.     Susu konsentrat
Susu konsentrat adalah susu segar yang dipanaskan dengan maksud untuk mengurangi kadar airnya sehingga menjadi susu yang kental. Susu konsentrat ini dapat dibedakan atas 2 yaitu:
a.      Susu kental tanpa gula, adalah air susu segar yang separuh airnya telah diuapkan di dalam ruang hampa pada suhu 125o – 130o F. Kemudian susu tersebut dimasukkan ke dalam kaleng tertutup dan disterilkan pada suhu 140o F selama 15 menit.
b.      Susu kental manis, adalah susu segar yang langsung ditambah gula terlebih dahulu lalu diuapkan seperti pada susu kental tanpa gula. Kadar gula yang ditambahkan adalah sebagai bahan pengawet sebanyak 40 – 44 % sedangkan kadar lemaknya minimal 8,5 % dan bahan kering tanpa lemak 28 %. Susu kental ini tidak baik untuk bayi karena kandungan lemaknya tinggi.  
Kedua jenis susu ini banyak didapatkan di pasaran lebih-lebih susu kental manis. Susu kental untuk menjadikan susu siap dikonsumsi diperlukan tambahan air 2 kali lipat dari susu kental (perbandingan susu kental dengan air yaitu 1:2), dengan ini agar diperoleh susu cair yang sama nilainya dengan susu segar.  
6.     Susu kering (susu tepung)
Susu tepung ini terdiri dari 2 yaitu:
a.  Susu tepung whole, adalah susu segar yang kandungan airnya diuapkan sehingga menjadi tepung (dengan kadar air tinggal 2 %). 
b.  Susu tepung skim, adalah susu segar yang kadar lemaknya telah dikurangi sehingga tinggal 0,1 % dan kadar airnya diuapkan hingga tinggal 3 %. Susu tepung skim ini kandungan proteinnya tinggi dan kadar lemaknya rendah sehingga cocok untuk bayi atau anak-anak yang sedang bertumbuh. 
Air susu dapat diproses atau dipabrik dalam berbagai jenis untuk dipasarkan
seprti :
1.     Cream (es cream)
Kadar lemaknya tinggi yaitu 40 %. Biasa dicampur dengan Coklat sebanyak 18 – 20 % dan titambahkan gula sebanyak 12 %.  
2.     Butter (mentega)
Kadar lemaknya sekitar 80 – 82 %, kadar air sekitar 14 – 16 %, Kadar garam sekitar 1 – 4 %.  
3.     Cheese (keju)
4.     Yogurt




0 komentar: